KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala
limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyususn dan menyelesaikan
tugas Critical Book Report guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah bisnis.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan
pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi
makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Karena keterbatasan ilmu maupun pengetahuan saya, saya percaya tetap banyak
kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu saya sangat berharap saran dan
kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Medan, september 2017
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Buku Utama
a.
Judul Buku :
Pengantar Manajemen Edisi Pertama
b.
Pengarang :
Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah
c.
Penerbit :
Kencana Prenadamedia Group
d.
Tahun terbit :
2005
e.
Uraian Isi Buku
·
BAB 1
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
·
Organisasi adalah sekelompok orang yang
bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian
tujuan tertentu.
·
Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan
untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa
perencanaan , pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta
sumber daya organisasi.
·
Fungsi- fungsi manajemen adalah serangkaian
kegiatan yang dijalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing
dan mengikuti satu tahapan-tahapan tertentu dalam plaksanaanya.
·
BAB 2
MANAJER DALAM KEGIATAN MANAJEMEN
·
Manajer pada dasarnya adalah subjek dari
kegiatan manajemen. Artinya manajer adalah orang yang melakukan kegiatan
manajemen.
·
Keahlian berkomunikasi ( human relation skills
) keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang
di masyarakat.
·
BAB 3
PERKEMBANGAN ILMU MANAJEMEN
·
manajemen secara keilmuan baru terumuskan
kurang lebih di akhir abad 18 atau awal abad 19 masehi.
·
yaitu mereka yang memandang manajemen sebagai
sebuah proses saintifik ( scintific management ) dan manajemen sebagai sebuah
kegiatan administrasi ( administrative management ).
·
Di antara tokoh yang mula-mula memperkenalkan
manajemen secara keilmuan adalah robert owen ( 1771-1858 ) dan charles babbage
( 1792- 1871 )
·
BAB 4
LINGKUNGAN DAN BUDAYA ORGANISASI
·
Organisasi sebagai kumpulan orang-orang tidak
dapat dilepaskan dari lingkungan karena pada dasar organisasi juga merupakan
bagian dari lingkungan dan masyarakat.
·
Lingkungan internasional adalah lingkungan
yang lebuh luas dari sebuah negara pada praktiknya akan memengaruhi kegiatan
peruisahaan.
·
Budaya organisasi tidak saja berbicara
mengenai bagaimana sebuah organisasi bisnis menjalankan kegiatanya sehari-hari,
tetapi jga sangat memengaruhi bagaimana kinerja yang dicapai oleh sebuah
organisasi
·
BAB 5
TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN ETIKA MANAJEMEN
·
Strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial
cendeung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
·
Bagian tangung jawab untuk memuaskan
stakeholer. Jika stakeholder terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan
akan terbangun.
·
studi mengenai tanggung jawab moral yang
terkait dengan apa yang dianggap benar dan apa yang dianggap salah. Griffin
(2000)kenyakinan akan sesuatu yang dianggap baik dan buruk.
·
BAB 6
FUNGSI PERENCANAAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
·
Tujuan ( goals ) hasil akhir yang diharapkan
dapat diraih oleh individu,kelompok, atau seluruh organisasi.
·
Proses yang dimulai dari penetapan tujuan
organisasi, menentukan strategi serta merumuskan sistem perencanaan dan mengoordinasikan
seluruh pekerjaan organisasi hingga tercapainya tujuan organisasi
·
Ada 4 konsep yang harus dipahami dalam PERT
yaitu : event, activity, time, dan critical path.
·
BAB 7
MANAJEMEN STRATEGIS PERUSAHAAN
·
Griffin ( 2000 ) mendefenisikan strategi
sebagai rencana komperehensif untuk mencapai tujuan organisasi
·
Sebuah strategi memiliki komponen-komponen
strategi yang senantiasa dipertimbangkan dalam menentukan strategi yang yang
dilaksanakan
·
Menurut griffin strategi dapat dibagi menjadi
dua jenis dilihat tingkatanya. Pertama adalah strategi pada tingkat perusahaan.
Kedua strategi pada tingkat bisnis. Ketiga yaitu strategi pada tingkat
fungsional
·
BAB 8
DESAIN DAN STRUTUR ORGANISASI
·
Masalah utama yang dihadapi oleh organisasi
agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai adalah bagaimana oganisasi
tersebut sebaiknya distrukturkan.
·
BAB 9
KEKUASAAN, KEWENANGAN, TANGGUNG JAWAB, DAN
DELEGASI
·
Kewenangan Lini Mereka yang dalam organisasi
bertanggung jawab terhadap berbagai kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
·
Kewenangan Staf Adalah mereka yang ditunjuk
oleh organisasi untuk membantu bagian-bagian dalam sebuah oganisasi yang
memiliki kewenangan lini
·
BAB 10
MANAJENEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
·
Penempatan sumber daya manusia ke dalam setiap
bagian yang telah di tentukan dalam organisasi dinamakan sebagai staffing.
·
Sumber daya manusia di sini mencakup
keseluruhan manusia yang ada dalam organisasi perusahaan , yaitu mereka yang
secara keseluruhan terlibat dalam operasionalisasi perusahaan dari level yang
paling bawah.
·
Salah satu program yang juga harus dilakukan
perusahaan adalah melakukan pengelolaan atas keragaman yang terdapat antara
tenaga kerja yang dimiliki.
·
BAB 11
FAKTOR INDIVIDU DALAM ORGANISASI
·
Kontrak psikologis Adalah suatu kesepakan tak
tertulis yang muncul ketika seseorang bergabung dengan sebuah organisasi atau
ketika tenaga kerja bergabung dalam sebuah perusahaan
·
Kesesuaian tenaga kerja yang dibutuhkan
perusahaan terkait dengan faktor individu dari tenaga kerja
·
BAB 12
MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN
·
Motivasi adalah sesuatu yang mendorong
seseorang untuk menunjukan perilaku tertentu.
·
Terdapat tiga perspektif kontemporer dalam
melihat bagaimana motivasi menjadi kekuatan mendorong bagi individu untuk
berpilaku. Ialah: perspektif kebutuhan, perspektif keseimbangan dan keadilan,
perspektif pengharapan, perspektif penguatan, dan perspektif penyusunan tujuan.
·
BAB 13
KELOMPOK KERJA DALAM ORGANISASI
·
Kelompok sebagai kumpulan dua orang atau lebih
yang saling berinteraksi, sedangkan kelompok kerja adalah sebagai kelompok yang
disusun oleh organisasi dengan tujuan untuk menjalankan berbagai pekerjaanyang
berkaitan dengan pencapaian tujuan organisasi.
·
Kepanitian adalah kelompok kerja yang
disusun manajer dan beranggotakan beberapa orang yang bisa berasal dari bagian
yang sama, atau juga dari bagaian lain dari organisasi.
·
BAB 14
PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN ORGANISASI
·
Agar perusahaan dapat terus beradaptasi dengan
perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan, baik lingkungan yang bersifat
internal maupun lingkungan eksternal
·
BAB 15
MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKTIVITAS DALAM
ORGANISASI
·
manajemen operasi sebagai rangkaian proses
pengelolaan keseluruhan sumber daya perusahaan yang di butuhkan dalam menghasilkan
barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen
·
Pada dasarnya sistem produksi adalah proses
transformasi input menjadi autput atau dengan kata lain produsi adalah sebuah
peroses mengubah input menjadi output.
·
manajemen jasa adalah pendekatan keseluruhan
dari perusahaan dalam mewujudkan tercapainya kualitas pelayanan atau jasa
sebagai mana yang di inginkan oleh konsumen dan merupakan faktor pendorong
utama dalam operasi bisnis.”
·
BAB 16
MANAJEMEN INFORMASI DAN MANAJEMEMEN
INTERNASIONAL
·
Data adalah fakta-fakta atau gambaran mentah
yang memiliki kaitan atau relasi terhadap sebuah organisasi.
·
Informasi
adalah data yang telah diproses unuk kegunaan perencanaan dan
pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. informasi adalah data yang telah
memenuhi persyaratan tertentu untuk dijadikan rujukan bagi perusahaan dalam
menjalankan kegiatannya
·
Manajemen informasi adalah pengelolaan data
dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasi,serta
menyajikan berbagai data yang terkait denagn kegiatan yang dilakukan perusahaan
sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.
·
BAB 17
MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MANAJEMEN ORGANISASI
·
Pengertian usaha kecil menurut UU No. 9 tahun
1995 adalah usaha dengan kekayaan bersih paling banyak Rp 200 juta ( tidak
termasuk tanah dan bangunan tempat usaha ) dengan hasil penjualan tahunan
paling banyak Rp 1000.000.000
·
Terdapat beberapa anggapan pesimis seputar
kegiatan dari usaha kecil diantaranya adalah menyangkaut keberhasilan dari
usaha kecil, gaji atau penghasilan kecil.
·
Manajemen organisasi nirlaba memiliki
fungsi-fungsi manajemen yang perlu dijalankan, dari mulai fungsi perencanaan
hingga fungsi pengawasan dan pengendalian.
B. BUKU PEMBANDING
a. Judul Buku :
Manajemen Edisi Kesepeluh
b. Pengarang : Stephen
P. Robbins, Mary Coulter
c. Penerbit : PT
Gelora Aksara Pratama
d. Tahun terbit : 2015
e. Uraian isi buku
·
BAB 1
PENGANTAR MANAJMEN DAN ORGANISASI
·
Manajer adalah seseorang yang melakukan
koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai
sasaran-sasaran organisasi.
·
Efisiensi adalah melakukan pekerjaan secara
tepat sasaran, atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sesedikit
mungkin.
·
Setiap manajer menjalankan lima buah fungsi :
perencanaa, (planning), penataan (organizing), penugasan (commanding),
pengkordinasian dan pengendalian.
·
Organisasi adalah sekumpulan orang secara
disengaja guna mencapai tujuan-tujuan tertentu
·
BAB 2
SEJARAH MANAJEMEN
·
Mempelajari sejarah sangat penting karena hal
ini membantu kita memahami asla usul berbagai praktik manajemen yang ada dimasa
kini dan membantu kita memahami pendekatan mana yang berhasil dan pendekatan
mana yang tidak berhasil.
·
Taylor yang dikenal sebagai bapak manajemen
ilmiah, menelaah penerapan metode-meode ilmiah dalam berbagai pekerjaan manual
singkat cerita, ia menyussun sebuah panduan untuk memperbaiki efisiensi
produksi demi menemukan satu cara terbaik untuk melakukan setiap pekerjaan.
·
Pendekatan kuantitatif melibatkan penggunaan
statiska, model-model optimasi, model-model informasi, simulasi komputer, dan
berbagai teknik kuantitatif lainya didalam aktifitas-aktifitas manajemen
·
BAB 3
BUDAYA DAN LINGKUNGAN ORGANISASI
·
Definisi kita menegenai budaya disini
mneyiratkan tiga hal : pertama , budaya adalah sebuah persepsi, kedua, budaya
organisasi bersifat deskriptif, ketiga, meskipun para individu didalam
organisasi memiliki latar belakang yang berbeda dan bekerja pada jenjang
organisasi yang juga berbeda, mereka cenderung mengartikan dan mengutarakan
budaya organisasi dengan cara yang sama.
·
Tujuh dimensi budaya organisasi adalah
perhatian pada detail, organisasi hasil, orientasi manusia, orientasi tim,
agresivitas, stabilitas, serta inovasi dan pengambilan resiko. Dalam organisasi
yang memiliki budaya kuat, para kariyawan biasanya lebih setia, dan kinerja
organisasi cenderung lebih baik. Semakin kuat budaya organisasi, semakin kuat
mempengaruhi bagaimana para maanjer merencanakan , menata, memimpin dan
mengendalikan. Sumber pertama sebuah budaya organisasi adalah visi sang, atau
para, pendiri organisasi.
·
BAB 4
PRAKTIK MANAJEMEN DI LINGKUNGAN GLOBAL
·
Parokalisme adalah cara pandang
terhadap dunia semata-mata melali pandangan dan perspektif diari sendiri dan
menyadari bahwa orang lain memiliki cara hidup dan bekerja yang berbeda-beda.
·
Perusahaan multinasional adalah jenis
perusahaan internasional yang menjalankan operasi di banyak negara. Organisasi
global adalah enis MNC yang mensentralisasikan manajemen dan kebutuhan lainya .
·
Stabilitas hukum dan politik suatu negara
adalah isu dalam lingkungan politik/ hukum global yang wajib dipahami oleh para
manajer
·
BAB 5
TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN ETIKA MANAJERIAL
·
Kewajiban sosial yang merefleksikan pandangan
klasik tentang tanggung jawab sosial adalah situasi dimana sebuah perusahaan
terlibat dalam tindakan sosial karena sudah kewajiban untuk memenuhi tanggung
jawab ekonomi dan legal tertentu .
·
Dengan manajemen hijau, manajer dapat
mempertimbangkan dampak organisasi mereka terhadap lingkungan alam. Organisasi
dapat “ go green” dalam berbagai cara.
·
Manajer dapat mencegah runtuhnya etika dan
ketakbertanggung jawaban sosial dengan menjadi pemimpin yang menjalankan etika
yang kuat dan melindungi kariyawan yang mengangkat isu etika.
·
BAB 6
MANAJER SEBAGI PEMBUAT KEPUTUSAN
·
Proses pembuatan keputusan terdiri dari
delapan langkah: 1. Mengidentifikasi masalah, 2. Mengidentifikasi kriteria
keputusan, 3. Memberikan bobot kriteria, 4. Mengembangkan alternatif, 5.
Menganalisis alternatif, 6. Memilih alternatif, 7. Mengeimplementasikan alternatif,
8. Mngevaluasi efektivitas keputusan.
·
Asumsi rasionalitas adlah sebagai berikut:
masalah jelas dan tidak mendua, satu tujuan yang terdefinisi dengan baik untuk
dicapai, semua alternatif dan konsekuensi diketahui, dan pilihan akhir akan
memaksimalkan payoff.
·
Keputusan terprogram adalah keputusan berulang
yang dapat ditangani dengan pendekatan rutin dan digunakan ketika masalah yang
hendak dipecahkan dapat ditangani dengan pendekatan rutin dan digunakan ketika
masalah yang hendak dipecahkan bersifat langsung, familiar, dan mudah
didefiniskan.
·
BAB 7
DASAR-DASAR PERENCANAAN
·
Tujuan adalah hasil yang di inginkan
·
Rencana adalah dokumen yang memberikan
kerangka bagaimana tujuan akan di capai.
·
MBO adalah proses penetapan yang disetujui
kedua pihak terhadap tujuan dan menggunakan tujuan tersebut untuk mengevaluasi
kinerja kariawan tersebut
·
BAB 8
MANAJEMEN STRATEGIK
·
Manajemen strategik adalah apa yang dilakukan
para manajer untuk mengembangkan strategi otomantis
·
Tiga strategikompetitif porter adalah
kepemimpinan biaya ( bersaing atas dasar memiliki biaya terendah dalam industri
·
BAB 9
STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
·
Organisasi mekanistik adalah struktur yang
kaku dan sangat ketat terkontrol.
·
Organisasi organik sangat adaptif dan
fleksibel
·
Struktur simpel mrupakan salah satu desain
organisasi dengan departemantalisasi yang rendah, rentang pengendalian yang
luas, wewenang yang terpusat pada satu orang, dan sedikitnya formalisasi.
·
BAB 10
MENGELOLA SUMBE DAYA MANUSIA
·
MSDM merupakan hal yang penting karena tiga
alasan :
1. Proses ini menjadi sumber keunggulan yang signifikan
2. Menjadi bagian penting dari bagian organisasi
3. Perlakuan organisasi terhadap karyawannya mempengaruhi kinerja organisasi
secara signifikan
·
Analisis pekerjaan merupakan penilaian yang
mendefinisikan suatu pekerjaan dan prilaku yang diperlukan untuk
melaksanakannya.
·
BAB 11
MENGELOLA TIM
·
Kelompok sebagai kumpulan dua orang atau lebih
yang saling berinteraksi, sedangkan kelompok kerja adalah sebagai kelompok yang
disusun oleh organisasi dengan tujuan untuk menjalankan berbagai pekerjaanyang
berkaitan dengan pencapaian tujuan organisasi.
·
Secara garis besar konflik dalam suatu
organisasi dapat terjadi dalam berbagai keadan, di antaranya:
a. Konflik antarbawahan di bagian yang sama
b. Konflik antara bawahan dan pemimpin di bagian yang sama.
c. Konflik antarbawahan dibagian yang berbeda.
d. Konflik antara bawahan dan pemimpin di bagian yang berbeda.
e. Konflik antarpemimpin dibagian yang berbe
BAB II
PEMBAHASAN
A. Keunggulan Buku
BUKU UTAMA
1. Judul Buku : Pengantar
Manajemen Edisi Pertama
2. Pengarang : Ernie
Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah
Keunggulan
a. Penjelasan materi singkat, padat dan jelas
b. Bahasa yang digunakan baku
c. Mudah dimengerti, tekhusus untuk mahasiswa baru
d. Dilenggapi dengan gambar tabel
e. Dilengkapi kuis dan ringkasan
BUKU PEMBANDING
1. Judul Buku : Manajemen
Edisi Kesepuluh
2. Pengarang :
Stephen P. Robbins & Mary Coulter
Keunggulan
a. Meskipun buku terjemahan bahasa yang digunakan dapat mudah dimengerti
b. Hampir setiap pembahasasn di buat contoh kisah yang inspiratif
c. Setiap materi dijelaskan secara detail
d. Ada bagian dalam buku ini yang mengajak pembaca untuk mengaplikasikan
setiap materi
e. Memiliki aplikasi kasus
B. Kelemahan Buku
BUKUM UTAA
1. Judul Buku : Pengantar
Manajemen Edisi Pertama
2. Pengarang : Ernie
Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah
Kelemahan
a. Tidak ada contoh kisah yang inspiratif untuk pengaplikasian materi
b. Tidak dicantumkannya buku rujukan di dalam footnote
c. Tidak memiliki aplikasi kasus
BUKU PEMBANDING
1. Judul Buku : Manajemen
Edisi Kesepuluh
2. Pengarang :
Stephen P. Robbins & Mary Coulter
Kelemahan
a. Tidak meiliki kuis
b. Sepertia fotocopy an
c. Tulisan agak kurang jelas
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Suatu peninjauan sebuah buku atau sama halnya
dengan critical book report, sangatlah berguna untuk pemahaman kita. Seperti
pemahaman isi buku, bertambahnya ilmu atau pengetahuan dari isi buku tersebut,
serta menjadilkan kita sebagai pribadi yang kritis. Dimana kita dapat
menentukan dan menilai bagaimana buku tersebut. Dan sisi manfaat , sisi positif
dan negatif yang mana berguna atau tidaknya untuk kita dan orang banyak. Dalam
mata kuliah yang saya ambil, buku ini bermanfaat,. Karena teori yang terdapat
dalam buku ini sesuai dengan mata kuliah yang saya pelajari saat ini.
B. SARAN
Hendaklah critical book dijadikan sebagai
keterampilan yang bagus dan diadakan pelatihan juga. Agar setiap mahasiswa
menyimak segala sesuatunya dengan bagus sehingga tidak salah paham dan
mengandung pengertian yang salah. Penulis juga sebaiknya menggunakan bahasa
yang sederhana dalam penjelasan-penjelasan sehingga memudahkan pembaca untuk
langsung mengerti serta menambah unsur yang memacu visualisai dan contoh
pengaplikasian.
No comments:
Post a Comment