Thursday 12 April 2018

CBR Buku pengantar manajemen BUKU erni tisnawati sule dan buku pembanding manajmen edisi kesepuluh oleh stepen p robbin


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyususn dan menyelesaikan tugas Critical Book Report guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah bisnis.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Karena keterbatasan ilmu maupun pengetahuan saya, saya percaya tetap banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu saya sangat berharap saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                               






                                                                                                                                                                                                                        Medan,      september 2017

                                                                                                    Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Buku Utama
a.         Judul Buku           : Pengantar Manajemen Edisi Pertama
b.        Pengarang                        : Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah
c.         Penerbit                : Kencana Prenadamedia Group
d.        Tahun terbit          : 2005
e.         Uraian Isi Buku
·         BAB 1
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
·         Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.
·         Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan , pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi.
·         Fungsi- fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan-tahapan tertentu dalam plaksanaanya.
·         BAB 2
MANAJER DALAM KEGIATAN MANAJEMEN
·         Manajer pada dasarnya adalah subjek dari kegiatan manajemen. Artinya manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen.
·         Keahlian berkomunikasi ( human relation skills ) keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat.
·         BAB 3
PERKEMBANGAN ILMU MANAJEMEN
·         manajemen secara keilmuan baru terumuskan kurang lebih di akhir abad 18 atau awal abad 19 masehi.
·         yaitu mereka yang memandang manajemen sebagai sebuah proses saintifik ( scintific management ) dan manajemen sebagai sebuah kegiatan administrasi ( administrative management ).
·         Di antara tokoh yang mula-mula memperkenalkan manajemen secara keilmuan adalah robert owen ( 1771-1858 ) dan charles babbage ( 1792-  1871 )
·         BAB 4
LINGKUNGAN DAN BUDAYA ORGANISASI
·         Organisasi sebagai kumpulan orang-orang tidak dapat dilepaskan dari lingkungan karena pada dasar organisasi juga merupakan bagian dari lingkungan dan masyarakat.
·         Lingkungan internasional adalah lingkungan yang lebuh luas dari sebuah negara pada praktiknya akan memengaruhi kegiatan peruisahaan.
·         Budaya organisasi tidak saja berbicara mengenai bagaimana sebuah organisasi bisnis menjalankan kegiatanya sehari-hari, tetapi jga sangat memengaruhi bagaimana kinerja yang dicapai oleh sebuah organisasi
·         BAB 5
TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN ETIKA MANAJEMEN
·         Strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cendeung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
·         Bagian tangung jawab untuk memuaskan stakeholer. Jika stakeholder terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun.
·         studi mengenai tanggung jawab moral yang terkait dengan apa yang dianggap benar dan apa yang dianggap salah. Griffin (2000)kenyakinan akan sesuatu yang dianggap baik dan buruk.
·         BAB 6
FUNGSI PERENCANAAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
·         Tujuan ( goals ) hasil akhir yang diharapkan dapat diraih oleh individu,kelompok, atau seluruh organisasi.
·         Proses yang dimulai dari penetapan tujuan organisasi, menentukan strategi serta merumuskan sistem perencanaan dan mengoordinasikan seluruh pekerjaan organisasi hingga tercapainya tujuan organisasi
·         Ada 4 konsep yang harus dipahami dalam PERT yaitu : event, activity, time, dan critical path.
·         BAB 7
MANAJEMEN STRATEGIS PERUSAHAAN
·         Griffin ( 2000 ) mendefenisikan strategi sebagai rencana komperehensif untuk mencapai tujuan organisasi
·         Sebuah strategi memiliki komponen-komponen strategi yang senantiasa dipertimbangkan dalam menentukan strategi yang yang dilaksanakan
·         Menurut griffin strategi dapat dibagi menjadi dua jenis dilihat tingkatanya. Pertama adalah strategi pada tingkat perusahaan. Kedua strategi pada tingkat bisnis. Ketiga yaitu strategi pada tingkat fungsional
·         BAB 8
DESAIN DAN STRUTUR ORGANISASI
·         Masalah utama yang dihadapi oleh organisasi agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai adalah bagaimana oganisasi tersebut sebaiknya distrukturkan.
·         BAB 9
KEKUASAAN, KEWENANGAN, TANGGUNG JAWAB, DAN DELEGASI
·         Kewenangan Lini Mereka yang dalam organisasi bertanggung jawab terhadap berbagai kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
·         Kewenangan Staf Adalah mereka yang ditunjuk oleh organisasi untuk membantu bagian-bagian dalam sebuah oganisasi yang memiliki kewenangan lini
·         BAB 10
MANAJENEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
·         Penempatan sumber daya manusia ke dalam setiap bagian yang telah di tentukan dalam organisasi dinamakan sebagai staffing.
·         Sumber daya manusia di sini mencakup keseluruhan manusia yang ada dalam organisasi perusahaan , yaitu mereka yang secara keseluruhan terlibat dalam operasionalisasi perusahaan dari level yang paling bawah.
·         Salah satu program yang juga harus dilakukan perusahaan adalah melakukan pengelolaan atas keragaman yang terdapat antara tenaga kerja yang dimiliki.
·         BAB 11
FAKTOR INDIVIDU DALAM ORGANISASI
·         Kontrak psikologis Adalah suatu kesepakan tak tertulis yang muncul ketika seseorang bergabung dengan sebuah organisasi atau ketika tenaga kerja bergabung dalam sebuah perusahaan
·         Kesesuaian tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan terkait dengan faktor individu dari tenaga kerja
·         BAB 12
MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN
·         Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menunjukan perilaku tertentu.
·         Terdapat tiga perspektif kontemporer dalam melihat bagaimana motivasi menjadi kekuatan mendorong bagi individu untuk berpilaku. Ialah: perspektif kebutuhan, perspektif keseimbangan dan keadilan, perspektif pengharapan, perspektif penguatan, dan perspektif penyusunan tujuan.
·         BAB 13
KELOMPOK KERJA DALAM ORGANISASI
·         Kelompok sebagai kumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi, sedangkan kelompok kerja adalah sebagai kelompok yang disusun oleh organisasi dengan tujuan untuk menjalankan berbagai pekerjaanyang berkaitan dengan pencapaian tujuan organisasi.
·         Kepanitian adalah kelompok kerja yang disusun manajer dan beranggotakan beberapa orang yang bisa berasal dari bagian yang sama, atau juga dari bagaian lain dari organisasi.
·         BAB 14
PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN ORGANISASI
·         Agar perusahaan dapat terus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan, baik lingkungan yang bersifat internal maupun lingkungan eksternal
·         BAB 15
MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKTIVITAS DALAM ORGANISASI
·         manajemen operasi sebagai rangkaian proses pengelolaan keseluruhan sumber daya perusahaan yang di butuhkan dalam menghasilkan barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen
·         Pada dasarnya sistem produksi adalah proses transformasi input menjadi autput atau dengan kata lain produsi adalah sebuah peroses mengubah input menjadi output.
·         manajemen jasa adalah pendekatan keseluruhan dari perusahaan dalam mewujudkan tercapainya kualitas pelayanan atau jasa sebagai mana yang di inginkan oleh konsumen dan merupakan faktor pendorong utama dalam operasi bisnis.”
·         BAB 16
MANAJEMEN INFORMASI DAN MANAJEMEMEN INTERNASIONAL
·         Data adalah fakta-fakta atau gambaran mentah yang memiliki kaitan atau relasi terhadap sebuah organisasi.
·         Informasi  adalah data yang telah diproses unuk kegunaan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. informasi adalah data yang telah memenuhi persyaratan tertentu untuk dijadikan rujukan bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatannya
·         Manajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasi,serta menyajikan berbagai data yang terkait denagn kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.
·         BAB 17
MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MANAJEMEN ORGANISASI
·         Pengertian usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah usaha dengan kekayaan bersih paling banyak Rp 200 juta ( tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha ) dengan hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 1000.000.000
·         Terdapat beberapa anggapan pesimis seputar kegiatan dari usaha kecil diantaranya adalah menyangkaut keberhasilan dari usaha kecil, gaji atau penghasilan kecil.
·         Manajemen organisasi nirlaba memiliki fungsi-fungsi manajemen yang perlu dijalankan, dari mulai fungsi perencanaan hingga fungsi pengawasan dan pengendalian.
B.     BUKU PEMBANDING
a.       Judul Buku                  : Manajemen Edisi Kesepeluh
b.      Pengarang                   : Stephen P. Robbins, Mary Coulter
c.       Penerbit                       : PT Gelora Aksara Pratama
d.      Tahun terbit                 : 2015
e.       Uraian isi buku
·         BAB 1
PENGANTAR MANAJMEN DAN ORGANISASI
·         Manajer adalah seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran-sasaran organisasi.
·         Efisiensi adalah melakukan pekerjaan secara tepat sasaran, atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sesedikit mungkin.
·         Setiap manajer menjalankan lima buah fungsi : perencanaa, (planning), penataan (organizing), penugasan (commanding), pengkordinasian dan pengendalian.
·         Organisasi adalah sekumpulan orang secara disengaja guna mencapai tujuan-tujuan tertentu
·         BAB 2
SEJARAH MANAJEMEN
·         Mempelajari sejarah sangat penting karena hal ini membantu kita memahami asla usul berbagai praktik manajemen yang ada dimasa kini dan membantu kita memahami pendekatan mana yang berhasil dan pendekatan mana yang tidak berhasil.
·         Taylor yang dikenal sebagai bapak manajemen ilmiah, menelaah penerapan metode-meode ilmiah dalam berbagai pekerjaan manual singkat cerita, ia menyussun sebuah panduan untuk memperbaiki efisiensi produksi demi menemukan satu cara terbaik untuk melakukan setiap pekerjaan.
·         Pendekatan kuantitatif melibatkan penggunaan statiska, model-model optimasi, model-model informasi, simulasi komputer, dan berbagai teknik kuantitatif lainya didalam aktifitas-aktifitas manajemen
·         BAB 3
BUDAYA DAN LINGKUNGAN ORGANISASI
·         Definisi kita menegenai budaya disini mneyiratkan tiga hal : pertama , budaya adalah sebuah persepsi, kedua, budaya organisasi bersifat deskriptif, ketiga, meskipun para individu didalam organisasi memiliki latar belakang yang berbeda dan bekerja pada jenjang organisasi yang juga berbeda, mereka cenderung mengartikan dan mengutarakan budaya organisasi dengan cara yang sama.
·         Tujuh dimensi budaya organisasi adalah perhatian pada detail, organisasi hasil, orientasi manusia, orientasi tim, agresivitas, stabilitas, serta inovasi dan pengambilan resiko. Dalam organisasi yang memiliki budaya kuat, para kariyawan biasanya lebih setia, dan kinerja organisasi cenderung lebih baik. Semakin kuat budaya organisasi, semakin kuat mempengaruhi bagaimana para maanjer merencanakan , menata, memimpin dan mengendalikan. Sumber pertama sebuah budaya organisasi adalah visi sang, atau para, pendiri organisasi.
·         BAB 4
PRAKTIK MANAJEMEN DI LINGKUNGAN GLOBAL
·         Parokalisme adalah cara pandang terhadap dunia semata-mata melali pandangan dan perspektif diari sendiri dan menyadari bahwa orang lain memiliki cara hidup dan bekerja yang berbeda-beda.
·         Perusahaan multinasional adalah jenis perusahaan internasional yang menjalankan operasi di banyak negara. Organisasi global adalah enis MNC yang mensentralisasikan manajemen dan kebutuhan lainya .
·         Stabilitas hukum dan politik suatu negara adalah isu dalam lingkungan politik/ hukum global yang wajib dipahami oleh para manajer
·         BAB 5
TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN ETIKA MANAJERIAL
·         Kewajiban sosial yang merefleksikan pandangan klasik tentang tanggung jawab sosial adalah situasi dimana sebuah perusahaan terlibat dalam tindakan sosial karena sudah kewajiban untuk memenuhi tanggung jawab ekonomi dan legal tertentu .
·         Dengan manajemen hijau, manajer dapat mempertimbangkan dampak organisasi mereka terhadap lingkungan alam. Organisasi dapat “ go green” dalam berbagai cara.
·         Manajer dapat mencegah runtuhnya etika dan ketakbertanggung jawaban sosial dengan menjadi pemimpin yang menjalankan etika yang kuat dan melindungi kariyawan yang mengangkat isu etika.
·         BAB 6
MANAJER SEBAGI PEMBUAT KEPUTUSAN
·         Proses pembuatan keputusan terdiri dari delapan langkah: 1. Mengidentifikasi masalah, 2. Mengidentifikasi kriteria keputusan, 3. Memberikan bobot kriteria, 4. Mengembangkan alternatif, 5. Menganalisis alternatif, 6. Memilih alternatif, 7. Mengeimplementasikan alternatif, 8. Mngevaluasi efektivitas keputusan.
·         Asumsi rasionalitas adlah sebagai berikut: masalah jelas dan tidak mendua, satu tujuan yang terdefinisi dengan baik untuk dicapai, semua alternatif dan konsekuensi diketahui, dan pilihan akhir akan memaksimalkan payoff.
·         Keputusan terprogram adalah keputusan berulang yang dapat ditangani dengan pendekatan rutin dan digunakan ketika masalah yang hendak dipecahkan dapat ditangani dengan pendekatan rutin dan digunakan ketika masalah yang hendak dipecahkan bersifat langsung, familiar, dan mudah didefiniskan.
·         BAB 7
DASAR-DASAR PERENCANAAN
·         Tujuan adalah hasil yang di inginkan
·         Rencana adalah dokumen yang memberikan kerangka bagaimana tujuan akan di capai.
·         MBO adalah proses penetapan yang disetujui kedua pihak terhadap tujuan dan menggunakan tujuan tersebut untuk mengevaluasi kinerja kariawan tersebut
·         BAB 8
MANAJEMEN STRATEGIK
·         Manajemen strategik adalah apa yang dilakukan para manajer untuk mengembangkan strategi otomantis
·         Tiga strategikompetitif porter adalah kepemimpinan biaya ( bersaing atas dasar memiliki biaya terendah dalam industri
·         BAB 9
STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
·         Organisasi mekanistik adalah struktur yang kaku dan sangat ketat terkontrol.
·         Organisasi organik sangat adaptif dan fleksibel
·         Struktur simpel mrupakan salah satu desain organisasi dengan departemantalisasi yang rendah, rentang pengendalian yang luas, wewenang yang terpusat pada satu orang, dan sedikitnya formalisasi.
·         BAB 10
MENGELOLA SUMBE DAYA MANUSIA
·         MSDM merupakan hal yang penting karena tiga alasan :
1.      Proses ini menjadi sumber keunggulan yang signifikan
2.      Menjadi bagian penting dari bagian organisasi
3.      Perlakuan organisasi terhadap karyawannya mempengaruhi kinerja organisasi secara signifikan
·         Analisis pekerjaan merupakan penilaian yang mendefinisikan suatu pekerjaan dan prilaku yang diperlukan untuk melaksanakannya.
·         BAB 11
MENGELOLA TIM
·         Kelompok sebagai kumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi, sedangkan kelompok kerja adalah sebagai kelompok yang disusun oleh organisasi dengan tujuan untuk menjalankan berbagai pekerjaanyang berkaitan dengan pencapaian tujuan organisasi.
·         Secara garis besar konflik dalam suatu organisasi dapat terjadi dalam berbagai keadan, di antaranya:
a.       Konflik antarbawahan di bagian yang sama
b.      Konflik antara bawahan dan pemimpin di bagian yang sama.
c.       Konflik antarbawahan dibagian yang berbeda.
d.      Konflik antara bawahan dan pemimpin di bagian yang berbeda.
e.       Konflik antarpemimpin dibagian yang berbe

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Keunggulan Buku
BUKU UTAMA
1.      Judul Buku            : Pengantar Manajemen Edisi Pertama
2.      Pengarang             : Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah
Keunggulan
a.       Penjelasan materi singkat, padat dan jelas
b.      Bahasa yang digunakan baku
c.       Mudah dimengerti, tekhusus untuk mahasiswa baru
d.      Dilenggapi dengan gambar tabel
e.       Dilengkapi kuis dan ringkasan
BUKU PEMBANDING
1.      Judul Buku            : Manajemen Edisi Kesepuluh
2.      Pengarang                         : Stephen P. Robbins & Mary Coulter
Keunggulan
a.       Meskipun buku terjemahan bahasa yang digunakan dapat mudah dimengerti
b.      Hampir setiap pembahasasn di buat contoh kisah yang inspiratif
c.       Setiap materi dijelaskan secara detail
d.      Ada bagian dalam buku ini yang mengajak pembaca untuk mengaplikasikan setiap materi
e.       Memiliki aplikasi kasus
B.     Kelemahan Buku
BUKUM UTAA
1.      Judul Buku            : Pengantar Manajemen Edisi Pertama
2.      Pengarang             : Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah
Kelemahan
a.       Tidak ada contoh kisah yang inspiratif untuk pengaplikasian materi
b.      Tidak dicantumkannya buku rujukan di dalam footnote
c.       Tidak memiliki aplikasi kasus
BUKU PEMBANDING
1.      Judul Buku            : Manajemen Edisi Kesepuluh
2.      Pengarang                         : Stephen P. Robbins & Mary Coulter
Kelemahan
a.       Tidak meiliki kuis
b.      Sepertia fotocopy an
c.       Tulisan agak kurang jelas


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Suatu peninjauan sebuah buku atau sama halnya dengan critical book report, sangatlah berguna untuk pemahaman kita. Seperti pemahaman isi buku, bertambahnya ilmu atau pengetahuan dari isi buku tersebut, serta menjadilkan kita sebagai pribadi yang kritis. Dimana kita dapat menentukan dan menilai bagaimana buku tersebut. Dan sisi manfaat , sisi positif dan negatif yang mana berguna atau tidaknya untuk kita dan orang banyak. Dalam mata kuliah yang saya ambil, buku ini bermanfaat,. Karena teori yang terdapat dalam buku ini sesuai dengan mata kuliah yang saya pelajari saat ini.
B.     SARAN
Hendaklah critical book dijadikan sebagai keterampilan yang bagus dan diadakan pelatihan juga. Agar setiap mahasiswa menyimak segala sesuatunya dengan bagus sehingga tidak salah paham dan mengandung pengertian yang salah. Penulis juga sebaiknya menggunakan bahasa yang sederhana dalam penjelasan-penjelasan sehingga memudahkan pembaca untuk langsung mengerti serta menambah unsur yang memacu visualisai dan contoh pengaplikasian.

No comments:

Post a Comment